Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it
Traffic Rank : Alexa Certified Site Stats for http://miraclesacred.blogspot.com
Online Visitor :
Blog's Rank : Powered by MyPagerank.Net
Stats :
MIRACLE SACRED…
MIRACLE SACRED…MIRACLE OF THE SACRED LOVE AS SNOW AS THE COOLING THING

OUR CALENDER

OUR CLOCK

Is Our Blog Interested

Our Music

It's All About Us

Foto Saya
Kompetisi Lomba Blog SMA 1 Blora 2010
JALANI HIDUP APA ADANYA... BIARKAN WAKTU BERJALAN... AND TAKE IT EASY...
Lihat profil lengkapku

Pengikut

RSS

Dampak Teknologi

Dampak Negatif Teknologi

Ahli sosiologi Manuel Castells seperti dikutip Capra (2004, 107) mendefinisikan teknologi sebagai ‘kumpulan alat, aturan dan prosedur yang merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkinkan pengulangan.
Namun,teknologi juga dapat menimbulkan dampak yang positif maupun negative.Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari kemajuan teknologi:
1. Salah satunya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
2. Akses negatif lewat internet
Pengaruh negatif lain adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.
(Dikutif dari:”sumber:http://info.balitacerdas.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=33”)

Beberapa tahun yang lalu sebelum internet menjadi populer,terdapat acara televisi yang ditayangkan di Indonesia yang menonjolkan unsur – unsur kekerasan.Pemainnya melakukan adegan smackdown dengan membanting lawan.Anehnya, acara seperti malah menjadi tontonan sebagian anak yang masih dibawah umur.Hal ini tentu saja sangat membahayakan bagi anak tersebut apabila meniru adegan yang sangat berbahaya untuk ditiru.Sampai pada hari dimana muncul suatu berita bahwa ada siswa yang menjadi korban karena mereka bermainsmackdown.Si anak membanting temannya karena meniru adegan yang mereka lihat di televisi.Kemudian muncul lagi kasus yang serupa sampai berita ini menjadi langganan berita di setiap stasiun televisi.Banyak korban yang diberitakan menderita patah tulang bahkan ada yang sampai meninggal dan akhirnya acara itu tidak boleh ditayangkan lagi di seluruh stasiun televisi di Indonesia.
Era Globalisasi saat ini, teknologi semakin berkembang dan semakin beragam fasilitasnya,sepeti games yang menonjolkan unsur – unsur kekerasan.Hal yang sangat ditakutkan adalah jika kejadian seperti acara penayangan di televisi terulang kembali sehingga akan memicu perilaku – perilaku agresif dan sadistis pada diri sang anak.Sang anak bisa dengan mudah terpengaruh dengan games tersebut dan menirunya.Maka dari itu orang tua sangat berperan dalam hal ini. Orangtualah yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet. Jadi orang tua juga harus meelek media bukan malah gaptek.Orang tua juga harus mencegah kecanduan anak terhadap internet atau komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.Orangtua juga perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer setelah sepulang sekolah,sehabis belajar atu pada hari libur sehingga pikiran anak tidak hanya terfokus pada komputer dan internet. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
Dampak yang selanjutnya adalah terbukanya akses negatif dari penggunaan internet. Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.Ini tentu saja sangat berbahaya karena seseorang yang melihatnya akan terpengaruh dan kecanduaan untuk melihat gambar,adegan porno yang disediakan tak terbatas di internet.Sehingga akan banyak memunculan banyak kasus perilaku seks diluar nikah karena mereka terbujuk untuk melakukannya setelah melihatnya.Seseorang yang pikirannya telah diracuni dampak negatif di internet tidak akan bersemangat lagi untuk menggapai cita – cita karena kebahagiaan mereka adalah jika mereka telah melakukan penyimpangan sosial.Maka generasi di Indonesia akan hancur.
Kita boleh saja menggunakan fasilitas internet untuk tujuan yang positif.Internet banyak memberikan keuntungan untuk kita asalkan kita bisa mempergunakannya dengan baik.Jangan sekali – kali mencoba untuk menyalah gunakan internet karena itu hanya akan menjerumuskan kita dalam lubang kesesatan.Banyak sekali yang kita dapatkan dari internet dan dengan internet berada di genggaman kita.Sebaiknya juga tidak baik jika kita gaptek(gagap teknologi),terutama untuk remaja.Karena sangat tidak lazim jika remaja di Era Globalisasi didera penyakit gaptek.Tentunya akan sangat bermanfaat bahkan dapat menghasilkan banyak uang apabila kita dapat mengoperasikan internet dengan baik.Maka gunakanlah internet sebaik mungkin karena hal itu dapat membuat diri kita sendiri enjoy dan akan sangat diuntungkan oleh kehadiran internet.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar