Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it
Traffic Rank : Alexa Certified Site Stats for http://miraclesacred.blogspot.com
Online Visitor :
Blog's Rank : Powered by MyPagerank.Net
Stats :
MIRACLE SACRED…
MIRACLE SACRED…MIRACLE OF THE SACRED LOVE AS SNOW AS THE COOLING THING

OUR CALENDER

OUR CLOCK

Is Our Blog Interested

Our Music

It's All About Us

Foto Saya
Kompetisi Lomba Blog SMA 1 Blora 2010
JALANI HIDUP APA ADANYA... BIARKAN WAKTU BERJALAN... AND TAKE IT EASY...
Lihat profil lengkapku

Pengikut

RSS

TIK Semester II

TIK SEMESTER II
BAB I
Mengenal OpenOffice.org Writer
A. Aplikasi Pengolah kata
1. Pengertian Pengolah kata
Aplikasi pengolah kata (word processor) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain. Dengan aplikasi ini Anda dapat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan sebagainya.

2. Macam-macam Pengolah Kata
Macam-macam aplikasi pengolah kata:
1. OpenOffice.org.Writer
2. Microsoft Word
3. Word Star
4. Word Perfect
5. Word Processor
6. Word Vision
7. Ami Pro
8. KWrite
9. Notepad
10. Wordpad
11. Abiword
12. Star Writer
13. Bench Mark

3. Mengenal OpenOffice.Org.Writer

OpenOffice.org merupakan aplikasi perkantoran buatan SUN Microsystems yang kemampuannya dapat disejajarkan dengan Microsoft Office. Sekilas, program OpenOffice.org terasa agak lambat ketika pertama kali Anda aktifkan. Hal ini terjadi karena paket OpenOffice.org memiliki banyak aplikasi yang langsung aktif saat OpenOffice.org tersebut dijalankan. Dalam paket OpenOffice.org terdapat aplikasi-aplikasi seperti:
1. Aplikasi Pengolah Kata (Word Processor) yang disebut Writer.
2 Aplikasi Pengolah Angka (Speadsheet) yang disebut Calc.
3 Aplikasi Pengolah Presentasi (Presentation) yang disebut Impress.
4 Aplikasi Pengolah Data (Database) yang disebut Base.
5. Aplikasi Pengolah Gambar (Drawing) yang disebut Drawing.
Selain itu, masih ada aplikasi HTML Document, Formula, Labels, XML

• Kelebihan OpenOffice.org.Writer:
1. Murah, jelas OpenOffice.org jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan perangkat lunak berbayar karena OpenOffice.org berlisensi General Public License (GPL) sehingga pemakai tidak perlu membayar lisensi.
2. Bebas, menggunakan OpenOffice.org adalah sebuah pilihan bijak karena aplikasi ini bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsof Windows, tersedia pula paket program OpenOffice.org versi Windows.
3. Mudah, dalam OpenOffice.org Anda dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang dibuat dengan program Microsoft Office.format dokumen Microsoft Office dapat dibaca menggunakan OpenOffice.org.
4. Bersahabat, peralihan dari OpenOffice.org rilis lama ke rilis terbaru jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya yang berbayar.
5. Stabil, program OpenOffice.org boleh dibilang lebih stabil karena format dokumen yang ditulis dengan OpenOffice.org sulit untuk jarang ditemui program yang mengalami crash.
6. Mendukung Java, aplikasi-aplikasi dalam program OpenOffice.org sangat kompatibel dengan arsitektur Java yang paling banyak dipergunakan untuk mendesain web saat ini.

• Karakteristik OpenOffice.org.Writer:
1. Free software, aplikasi gratis yang dapat diperoleh dengan mendownload dari Internet
2. Format dokumen yang digunakan adalah OpenDocument Format Text Document (.ODT) yang mampu membuka dokumen lain dari aplikasi AbiWord dan StarWriter.
3. File yang dihasilkan tidak rentan dengan virus, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk terserang virus.
4. Dapat digunakan untuk membuka file yang dibuat dengan pengolah kata Microsoft Word.
5. Tersedia format penyimpanan yang kompatibel dengan pengolah kata Microsoft Word, sehingga hasilnya dapat dibuka menggunakan Microsoft Word.
6. OpenOffice.org Writer tersedia untuk berbagai platform sistem operasi, seperti Linux dan Windows.
7. Tersedia versi portabel untuk Windows, sehingga dapat langsung dijalankan tanpa perlu diinstall ke dalam harddisk.

B. Memulai Aplikasi OpenOffice.org Writer

Untuk Memulai Aplikasi OpenOffice.orgWriter pada Linux dengan menggunakan langkah sebagai berikut:
 Menggunakan Start Menu:
1. Klik Application pada desktop bagian kiri atas
2. Lalu Pilih Office
3. Klik OpenOffice.orgWriter
 Menggunakan Icon pada desktop:
1. Double klik pada icon OpenOffice.orgWriter

 Cara membuat shortcut aplikasi openoffice didesktop :
1. Klik Applications Starter.
2. Pilih Office.
3. Klik kanan pada OpenOffice.org Word Processor.
4. Pilih Add this launcher to desktop.

C. Mengenal Bagian-Bagian OpenOffice.orf.Writer
Bagian-Bagian dari OpenOffice.orgWriter:
1. Title Bar
Title Bar adalah bagian pertama dari tampilan OpenOffice.orgWriter

2. Control Window
Control Window yaitu 3 perintah yang terletak di pojok kanan atas yaitu:
a. Minimize, berfungsi untuk memperkecil tampilan layar OpenOffice.orgWriter
b. Maximize dan Restore, berfungsi untuk memperbesar tampilan layar OpenOffice.orgWriter serta mengembalikan ke bentuk semula.
c. Close, berfungsi untuk menutup seluruh lembar kerja OpenOffice.orgWriter.
3. Menu Bar
Menu bar yaitu kumpulan beberapa menu utama yang berfungsi sebagai perintah untuk mengolah dokumen pada OpenOfficeorg.Writer. Menu tersebut ada 9 yaitu File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Window, dan Help.

4. Toolbar Standard
Toolbar standard yaitu ikon-ikon utama yang dapat digunakan untuk membuka, menyimpan, mencetak, menyalin, memotong file atau karakter dalam dokumen OpenOffice.org.Writer.
Menu-menu tersebut yaitu New, Open, Save, dll
5. Toolbar Formating
Toolbar formatting yaitu sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur, memodifikasi, memformat objek-objek pada dokumen seperti objek gambar, table, dan teks.
Menu-menu tersebut yaitu Styles and Formatting, Apply style, Font name, Font size, Bold, Italic, Underline dll.
6. Horizontal Ruler
Berfungsi untuk mengatur posisi batas kiri dan batas kanan dari sebuah paragraf yang terdapat dalam dokumen OpenOffice.org.Writer
7. Vertical Ruler
Berfungsi mengatur posisi batas atas dan bawah dari sebuah paragraf.
8. Horizonthal Scroll Bar
Berfungsi menggeser jendela lembar kerja ke kiri atau ke kanan agar bagian teks tidak terlihat karena halaman terlalu lebar menjadi terlihat.
9. Vertical Scroll Bar
Berfungsi menggeser jendela lembar kerja ke atas atau ke bawah agar bagian teks yang tak terlihat karena halaman terlalu panjang menjadi terlihat.
10. Toolbar Drawing
Yaitu ikon-ikon yang dapat digunakan untuk membuat dokumen disertai gambar, autoshape dan tulisan yang menarik dengan Font Work Gallery.
11. Status Bar
Yaitu bagian yang terletak pada posisi paling bawah dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, ukuran tampilan, caps lock, Num lock dsb.

D. Menu Dan Ikon Pada OpenOffice.orgWriter

Menu dan Ikon Pada OpenOffice.org.Writer:
1. File
Menu yang digunakan untuk mengelola dokumen secara keseluruhan.
Submenu dalam File:
- New - Export As PDF
- Open - Send
- Recent Document - Properties
- Wizard - Digital Signatures
- Close - Template
- Save - Preview in Web Browser
- Save As - Page Preview
- Save All - Print
- Reload - Printer Setting
- Versions - Exit
- Export

2. Edit
Menu yang berhubungan dengan proses pengeditan dokumen yang sifatnya operasional.
Submenu pada Edit:
- Undo
- Redo
- Repeat Typing
- Cut, Copy, Paste
- Paste Spesial
- Select Text
Dll
3. View
Menu yang berguna mengatur tampilan dokumen atau komponen OpenOffice.org.Writer
Submenu pada view:
- Print Layout
- Web Layout
- Toolbar
- Status bar
- Input Method Status
- Ruler
- Text Boundaries
Dll
4. Insert
Menu yang berfungsi menyisipkan suatu objek atau unsure tertentu
ke dalam sebuah dokumen.
Submenu pada Insert:
- Manual Break
- Fields
- Special Character
- Section
- Hyperlink
- Header, Footer
- Object
- Book mark
- Script
Dll
5. Format
Menu yang digunakan untuk mengatur format teks paragraf, atau dokumen. Menu ini terdiri dari 19 sub menu yang masingmasing memiliki fungsi berbeda dalam hal pemformatan dokumen. Sub menu tersebut antara lain Default Formatting, Character, Paragraphs, Bullet and Numbering, Page, Change Case, Column, Section, Style and Formatting, AutoFormat, Anchor, Wrap,Alignment, Arrange, Flip, Group, Object, Frame dan Picture.
6. Table
Menu untuk membuat dan mengatur tabel. Menu ini dari 17 sub menu, yaitu Insert, Delete, Select, Merge Cells, Split Cells, Protect Cells, Merge Table, Split Table, AutoFormat, Autofit, Heading rows repeat, Convert, Sort,Formula, Number Format, Table Boundaries, Table Properties.
7. Tools
Menu yang digunakan untuk mengaktifkan fasilitas-fasilitas yang tersedia pada OpenOffice.org Writer dan berfungsi untuk memperbaiki dokumen. Ada 19 menu yang terdapat pada Menu Tools, yaitu SpellCheck, Language, Word Count, AutoCorrect, Outline Numbering, Line Numbering, Footnotes, Gallery, Media Player, Bibliography Databases, Mail Merge Wizard, Sort, Calculate, Update, Macros, Extention Manager, XML Filter Settings, Customize, Options.
8. Window
Menu Window adalah menu untuk mengatur jendela-jendela dokumen yang sedang terbuka. Nama-nama dokumen yang sedang aktif akan ditampilkan di bawah sub menu Window dan dapat Anda pilih dengan cara mengkliknya. Terdapat 2 buah sub menu dalam menu Window, yaitu New Window dan Close Window. Selain itu, terdapat sub menu berisi nama file yang sedang aktif.
9. Help
Menu Help bermanfaat untuk menampilkan fasilitas bantuan atau informasi mengenai OpenOffice.org. Terdapat 6 buah sub menu dalam menu Help, meliputi OpenOffice.org Help, What's this?, Get Help Online, Translate This Application, Report a Bug, dan About OpenOffice.org.






BAB II
Menggunakan OpenOffice.org.Writer
A. Operasi dasar OpenOffice.org.Writer

1. Membuat Dokumen
Langkah-Langkah Membuat Dokumen baru:
a. Pilih Application
b. Klik Office
c. lalu OpenOffice.org.Writer
d. Mulai mengetik
2. Menyimpan Dokumen
Sebelumnya Anda harus membuat folder pribadi anda agar lebih jelas. Yaitu dengan cara:
a. Klik kanan
b. Create Folder
Lalu simpan dengan mengklik ikon save atau file kemudian save. Bisa juga dengan tombol Ctrl + S. Jangan lupa memberi ODT agar dokumen bisa dibuka.
3. Memformat Teks dan Paragraf
a. Membuat Border and shading
Langkah membuat Border and shading:
1. Blog pada teks yang akan diedit
2. Klik Format
3. Border and Shading
4. Memilih sesuai dengan keinginan
b. Membuat Bullets and Numbering
Langkah membuat Bullets and numbering:
1. Tempatkan spasi pada teks yang akan diedit
2. Klik Format
3. Bullets and Numbering
4. Pilih Simbol yang akan digunakan



BAB III
A. Membuat Tabel
Langkah-Langkah membuat tabel:
1. Tempatkan kursor pada lokasi di mana tabel akan ditempatkan.
2. Pilih menu Table → Insert → Table atau tekan tombol CTRL + F12 untuk menampilkan kotak dialog Insert Table.
3. Tuliskan nama tabel yang Anda kehendaki, misalnya Table1.
4. Tuliskan jumlah kolom dan baris pada kotak Columns dan Rows.
5. Klik OK.
• Menggabung Tabel:
Apabila Anda ingin menggabung dua atau lebih sel, Anda dapat mengikuti langkahlangkah berikut.
1. Pilih atau blok beberapa sel yang akan digabung.
2. Pilih menu Table → Merge Cells.
3. Sel-sel yang telah dipilih akan digabungkan. Apabila sel tersebut ada isinya, isi setiap sel akan diubah menjadi paragraf.
• Menyisipkan baris
Langkah untuk menyisipkan baris adalah sebagai berikut.
1. Pilih satu atau beberapa baris pada tabel sesuai dengan jumlah yang akan disisipkan.
2. Pilih menu Table → Insert → Rows untuk memunculkan kotak dialog Insert Rows.
3. Tulis berapa baris yang akan disisipkan.
4. Tentukan posisi baris, sebelum (before) atau sesudah (after) posisi kursor.

• Menyisipkan kolom
Langkah untuk menyisipkan baris adalah sebagai berikut.
1. Pilih satu atau beberapa kolom pada tabel sesuai dengan jumlah yang akan disisipkan.
2. Pilih menu Table → Insert → Columns untuk memunculkan kotak dialog Insert Columns.
3. Tulis jumlah kolom yang akan Anda sisipkan.
4. Tentukan posisi kolom, sebelum (before) atau sesudah (after) posisi kursor.







BAB IV
Membuat Mail Marge

A. Pengertian Mail Marge
Mail Marge adalah naskah yang digunakan sebagai induk dokumen untuk membuat surat/undangan dalam jumlah besar.
B. Langkah Membuat Mail Marge
Langkah Membuat Mail Marge:
1. Pilih Menu Tools
2. Pilih Letter and Mailings
3. Klik Mail Marge
4. Pilih Letter
5. Lalu Use the current document
6. Pilih Type a new list
7. Create
8. New entry dengan menulis Field
9. Mengisi Field dengan teks yang ditentukan
10. Setelah selesai mengetik pilih customize
11. Klik Insert Merge Fields pada toolbar Mail Marge
12. View Merge data agar bisa tersimpan banyak
13. Klik Merge to new document

C. Menggabungkan mail Marge dengan Microsoft Equation Editor

• Langkah Membuka Equation Editor:
1. Klik Insert
2. Pilih Object
3. Lalu cari Microsoft Equation Editor 3.0
4. Tulis teks yang ditentukan

• Cara Menempatkan Simbol Equation editor ke toolbar:
1. Klik View
2. Pilih Insert pada sebelah kiri
3. Cari symbol Equation Editor yang berbentuk
4. Tarik sampai pada toolbar



Sumber: dari Materi PDF dan tutor Guru TIK Bu Ekabriyanti dan Bu Andriani

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar