Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it
Traffic Rank : Alexa Certified Site Stats for http://miraclesacred.blogspot.com
Online Visitor :
Blog's Rank : Powered by MyPagerank.Net
Stats :
MIRACLE SACRED…
MIRACLE SACRED…MIRACLE OF THE SACRED LOVE AS SNOW AS THE COOLING THING

OUR CALENDER

OUR CLOCK

Is Our Blog Interested

Our Music

It's All About Us

Foto Saya
Kompetisi Lomba Blog SMA 1 Blora 2010
JALANI HIDUP APA ADANYA... BIARKAN WAKTU BERJALAN... AND TAKE IT EASY...
Lihat profil lengkapku

Pengikut

RSS

Lidah Buaya, Si tanaman Multiguna

Lidah Buaya, Si Tanaman Multiguna



Menurut beberapa sumber, lidah buaya (Aloe vera L) pertama kali ditemukan pada tahun 1500 SM. Lebih dari 200 species tersebar diseluruh belahan bumi, mulai dari benua Afrika yang kering dan tandus hingga daratan Asia yang beriklim tropis. Tanaman ini memang dapat terbilang tanaman yang tidak rewel dalam beradaptasi karena dengan media tanah berhumus campur pasir,dan yang terpenting cukup sinar matahari,lidah buaya dapat tumbuh dengan subur.
Lidah buaya memang sudah di manfaatkan manusia sejak dulu. Beberapa bukti sejarah menyebutkan, bangsa Arab, Yunani, Romawi, India dan Cina telah menggunakan sebagai bahan baku obat aneka penyakit. Konon Cleopatra sudah memanfaatkan tanaman ini untuk merawat kecantikanya.
Oleh karena itu, lidah buaya sering dijadikan bahan dasar kosmetik dan perawatan rambut.Tanaman ini juga memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap, antara lain vitamin A, B1,B2, B3, C, E.Tanaman ini juga memiliki beberapa mineral yaitu magnesium, potasium, sodium, besi, zinc, dan kromium. Kandungan enzim-enzimnya, antara lain amylase, catalase, cellulose, carboxypeptidase, carboxyhelolase, dan brandykinase yang semuanya amat penting bagi metabolisme tubuh. Lidah buaya pun ternyata memiliki kandungan beragam asam amino, yakni arginine, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valine, glutamat, threonine, glycine, lycine, yrozine, proline, histidine, leucine, dan isoliucine..
Menurut beberapa sumber,lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.,salah satunya kandungan Lignin di dalam gel mampu melindungi kulit dari dehidrasi dan menjaga kelembabannya. Zat ini dimanfaatkan para produsen kosmetik untuk aneka produk perawatan kulit dan kecantikan.
Untuk membantu proses fotosintesisnya lidah buaya membutuhkan CO 2 yang merupakan senyawa berbahaya bagi makhluk hidup dalam bernapas.Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi manusia karena zat yang berbahaya bagi manusia dibutuhkan oleh lidah buaya. Senyawa berbahaya lain yang mampu diserap lidah buaya adalah formaldehid melalui stomata daun, akar yangbekerjasama dengan bakteri yang kemudian menguraikannya menjadi senyawa atauikatan karbon yang tidak berbahaya bagi manusia.
Lidah buaya tidak hanya dapat dijadikan tanaman hias,merawat kecantikan dan untuk kesehatan tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti dibuat jus,manisan dll.Mengolah lidah buaya menjadi makanan pun tidak boleh sembarangan karena apabila kita tidak mengetahui teknik pengolahannya,kita akan merasakan bau langu,rasa pahit dan lendirnya yang kurang enak bila dikonsumsi.Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan bau langu,rasa pahit dan lendir pada lidah buaya:
Cara Pertama:
1. Pilih lidah buaya berdaging tebal.
2. Kupas kulit lidah buaya sedikit tebal karena kita menyesuaikan dengan ketebalannya tersisa daging buah yang berwarna putih transparan.
3. Setelah itu, potong lidah buaya lebih kecil sesuai dengan selera.
4. Rendam lidah buaya di dalam air matang yang telah ditambah dengan 0,025 % garam dan 0,025 % asam sitrat.
5. Biarkan selama 2 jam,lalu,cuci bersih,kemudian tiriskan dan lidah buaya pun siap diolah sesuai selera.

Cara kedua:
1. Kupas lidah buaya terlebih dahulu.
2. Setelah lidah buaya dikupas, cuci dan remas-remas potongan daging lidah buaya di dalam air garam agar lendir pada lidah buaya hilang.
3. Kemudian setelah lendirnya hilang, rendam lidah buaya dalam air kapur sirih atau tawas sehingga akan diperoleh tekstur yang lebih kokoh dan kenyal.
4. Cuci bersih gel yang baru direndam dan lidah buaya siap diolah.

Lidah buaya memang merupakan tanaman yang multiguna.Tidak hanya sebagai hiasan tetapi tanaman ini juga mempunyai manfaat yang sangat banyak seperti untuk kecantikan,kesehatan dan diolah menjadi makanan.Indonesia memang merupakan negara yang pengembangan akan lidah buaya cukup tertinggal karena di negara Hongkong,Taiwan maupun Cina,tanaman ini telah berkembang menjadi berbagai jenis aneka makanan.Lidah buaya merupakan satu dari tanaman yang bermanfaat apabila kita mampu mengembangkannya.Kini merupakan tugas kita semua untuk mengembangkan tanaman yang lainnya agar dapat bermanfaat bagi kita semua.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar