Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it
Traffic Rank : Alexa Certified Site Stats for http://miraclesacred.blogspot.com
Online Visitor :
Blog's Rank : Powered by MyPagerank.Net
Stats :
MIRACLE SACRED…
MIRACLE SACRED…MIRACLE OF THE SACRED LOVE AS SNOW AS THE COOLING THING

OUR CALENDER

OUR CLOCK

Is Our Blog Interested

Our Music

It's All About Us

Foto Saya
Kompetisi Lomba Blog SMA 1 Blora 2010
JALANI HIDUP APA ADANYA... BIARKAN WAKTU BERJALAN... AND TAKE IT EASY...
Lihat profil lengkapku

Pengikut

RSS

TIK Semester I



BAB I
A. Pengertian Komputer
a. Pengertian
Kata komputer berasal dari Yunani dari kata “compute” yang berarti
menghitung.
Komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.
b. Konsep Komputer
Konsep Tritunggal komputer yang sangat penting ada 3 yaitu:
1. Hardware yaitu perangkat fisik, dapat dilihat, diraba, maupun dipindahkan yang terdiri dari berbagai komponen elektronik yang saling bekerja sama secara otomatis.
Cth : Keyboard, Monitor, Mouse dll.
2. Software yaitu program-program yang sudah terinstal di dalam computer.
Cth: Program Mozilla Firefox, Microsoft Office dll.
3. Brainware yaitu seseorang yang memberikan dan menjalankan perintah kepada computer.
Cth: manusia
c. Komponen Komputer
Komponen-komponen computer yaitu:
1. Input device yaitu perangkat computer yang memberikan perintah atau data yang terbentuk dalam system computer agar bekerja sesuai dengan pemakai.
Cth: Keyboard, mouse, scanner, joystick, lightpen dll.
2. Process yaitu perangkat pusat computer yang tugasnya mengolah dan mengontrolkan segala aktifitas data dalam computer.
Cth: Memory, Processor, Mainboard
3. Output device yaitu perangkat computer yang digunakan untuk mengeluarkan segala perintah yang diberikan input device.
Cth: Monitor, printer, plotter, speaker dll.

B. Sejarah Komputer
1. Mainframe
Merupakan komputer generasi pertama. Fisik sangat besar, mencapai 30 ton dan memerlukan ruangan sebesar 1.800 kaki persegi (167 m2). Komputer ini menggunakan tabung-tabung hampa udara sebagai penguat sinyal. Menyalakan dengan menggunakan tabung hampa sebanyak 18.000, membutuhkan daya listrik yang sangat besar mencapai 174 kilowatt. Jadi, kelemahannya banyak selain ukurannya terlalu besar, menghabiskan daya yang sangat tinggi, dapat pula menghantarkan panas, serta tabung-tabung tersebut mudah pecah karena terbuat dari kaca.
2. Minikomputer
Komputer generasi kedua. Beda dengan Mainframe. Minikomputer menggunakan transistor sebagai pengganti tabung hampa untuk menguatkan sinyal. Transistor lebih unggul dari pada tabung hampa udara yaitu lebih murah, lebih baik, lebih ideal, serta tidak mudah pecah dan menyalurkan panas.
3. Workstation
Komputer generasi ketiga, dengan menggabungkan ribuan transistor menjadi satu bentuk yang sangat kecil yang disebut IC Chip (Integrated Circuit). Tentunya computer generasi ini semakin maju dan unggul.
4. PC (Personal Computer)
Muncul lagi computer generasi keempat, merupakan penggabungan ribuan IC ke dalam sebuah chip. Bentuk dari chip ini makin kecil dengan kemampuan yang makin meningkat dan harga juga makin murah.
C. Operasi Dasar Komputer
a. Mengaktifkan Komputer yang baik
Sebelum menyalakan komputer, harus dipastikan bahwa komputer
kita memiliki sebuah sistem operasi misalnya Linux.
Setelah Anda berhasil menghubungkan semua peralatan computer,
proses selanjutnya adalah mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar. Langkah – langkah untuk mengaktifkan komputer adalah:
• pastikan arus listrik sudah mengalir ke komputer
• tekan tombol power pada bagian depan CPU dan tunggulah beberapa saat
• nyalakan monitor dengan menekan tombol power monitor
• tunggu beberapa saat sampai komputer siap digunakan.
Proses menyalakan komputer dari keadaan mati sampai dengan aktif disebut cold booting. Selain cold booting, ada pula warm booting. Warm booting terjadi jika komputer sudah aktif atau sistem operasi sudah berjalan dan kita menekan tombol reset.
b. Mematikan Komputer yang baik
Setelah anda selesai bekerja dengan komputer, anda pun harus mematikan komputer dengan prosedur yang benar. Anda tidak diperbolehkan mematikan secara paksa, misalnya dengan menekan tombol power, mematikan dari powersupply, atau mencabut kabel dari sumber arus listrik secara langsung sebelum proses shutdown Anda lakukan. Prosedur mematikan komputer yang benar adalah dengan cara logout (keluar dari sistem), kemudian melakukan proses shutdown. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
• simpan seluruh file yang Anda kerjakan dengan menu Save
• tutup semua program aplikasi yang terbuka
• pilih menu System
• pilih menu Quit
• pilih Shutdown.
D. Perangkat Lunak Komputer
Dilihat dari fungsinya, perangkat lunak komputer terbagi menjadi dua kategori, yakni perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen-komponen perangkatkeras komputer, perawatan maupun pemrogramannya. Perangkat lunak sistem meliputi:
1. Sistem operasi, yaitu perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata dan browser web. Komputer tidak dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi yang sangat kita butuhkan jika tidak memiliki sistem operasi di dalamnya. Dewasa ini, tersedia berbagai pilihan sistem operasi, misalnya Linux, Unix, FreeBSD, Solaris, Macintosh dan Microsoft Windows.
2. Bahasa pemrograman, yaitu intruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya. Berdasarkan levelnya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
• low level language (contohnya bahasa Assembly)
• middle level language (contohnya bahasa C dan C++)
• high level language (contohnya bahasa BASIC dan Pascal)
3. Program utility, yaitu perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja system operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Salah satu contoh program utility adalah antivirus. Sistem operasi biasanya tidak dilengkapi dengan antivirus. Karena itu kita harus menambahkan sendiri program utility ini. Contoh lain program utility adalah program untuk mempartisi hardisk dan merapikan file-file yang tersebar di hardisk (disebut defragmentasi).

Selain perangkat lunak sistem, computer membutuhkan perangkat lunak aplikasi agar dapat menangani pekerjaan-pekerjaan spesifik kita.
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu manusia menyelesaikan suatu pekerjaan pada bidang tertentu. Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah presentasi, OpenOffice.org Impress yang berguna untuk membuat slide-slide presentasi. Ada pula OpenOffice.Calc yang dapat kita gunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan, baik perhitungan matematika, statistic, ekonomi maupun perhitungan lain.

BAB II

A. Pengertian Teknologi dan Informasi
Teknologi informasi adalah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya termasuk dalam konteks bisnis atau usaha.

B. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi data.
• Manfaat atau keuntungan dibangunnya jaringan komputer adalah:
a. komputer-komputer yang saling terhubung dapat melakukan sharing file maupun sharing folder, yaitu pemakaian file atau direktori secara bersama-sama
b. dengan adanya penyimpanan file terpusat (file server), file atau data yang ada di server dapat saling dibagi
c. memungkinkan pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser
d. memudahkan kita membackup data (membuat data cadangan)
e. memungkinkan kita untuk mendapatkan data terbaru/terkini secara cepat.
C. Jenis Jaringan Komputer
• Jenis-jenis jaringan computer:
1. Jaringan komputer berdasarkan area atau luas wilayah
2. Jaringan komputer berdasarkan topologi/bentuk jaringan
3. Jaringan komputer berdasarkan media transmisi

1. Jaringan komputer berdasarkan area:
a. LAN (Local Area Network) adalah jaringan untuk area yang tidak begitu luas. Biasanya 3m. Misalnya di gedung, kantor, sekolah.
b. MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan computer yang menghubungkan komputer-komputer dalam wilayah kota.
c. WAN (Wide Area Network) adalah jaringan computer dengan cakupan geografis paling luas hingga menjangkau pulau lain, Negara lain, benua lain, bahkan luar angkasa.
2. Jaringan computer berdasarkan topologi:
a. Topologi bus, menggunakan kabel koaksial berikut konektornya.
Topologi bus memiliki kelebihan, yaitu infrastrukturnya sederhana dan hemat kabel.
Topologi bus juga memiliki kekurangan, yaitu:
a. jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer saja, seluruh semua jaringan akan mati
b. membutuhkan terminator pada kedua ujung kabel utama
c. jika terjadi kerusakan, sangat sulit menemukan titik kerusakan
d. tidak dapat digunakan untuk jaringan skala besar

b. Topologi Ring, ada sebuah komputer yang berfungsi sebagai token atau kendaraan yang akan mengantarkan data.
c. Topologi Star, setiap komputer terkoneksi ke jaringan melewati sebuah hub atau konsentrator. Semua data akan melewati konsentrator tersebut sebelum dikirim ke tujuan. Fungsi hub atau konsentrator adalah mengatur dan mengendalikan keseluruhan fungsi jaringan. Selain itu hub juga berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal.
• Keuntungan menggunakan topologi star adalah:
a. infrastrukturnya relatif mudah dibangun
b. jika terjadi kerusakan pada salah satu titik jaringan, koneksi jaringan secara keseluruhan tidak terganggu
c. kesalahan atau kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
• Kekurangan topologi star adalah:
a. pemakaian kabel relatif lebih banyak dibandingkan dengan topologi bus
b. jika hub rusak maka seluruh jaringan yang terhubung melewati hub tersebut akan terganggu
c. biaya pembangunnya relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.

d. Topologi Tree,
• Keuntungan menggunakan topologi tree:
a. instalasi jaringan dari titik ke titik pada masing-masing segmen
b. didukung oleh banyak hardware dan software.
• Topologi tree juga memiliki kekurangan, yaitu:
a. panjang segmen dibatasi oleh tipe kabel yang digunakan
b. jika jaringan utama rusak, maka keseluruhan segmen ikut rusak
c. sulit dikonfigurasi, termasuk sistem pengkabelannya.

e. Topologi Mash, Keuntungan topologi mash ini adalah memungkinkan komunikasi data melalui banyak jalur sehingga jika salah satu jalur terputus, masih ada jalur lain yang dapat digunakan.

3. Jaringan computer berdasarkan media transmisi:
Media transmisi adalah media penghantar data yang dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnet. Secara fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu kabel, gelombang elektromagnetik (wireless) dan satelit.

D. Sistem Bilangan Biner
Sistem bilangan biner yaitu bilangan berbasis dua atau system binner.
Bilangan biner merupakan bilangan digital yang terdiri dari 2 digit angka yaitu 0 dan 1.
Contoh Basis 2 ke 10
11010 (ditulis dari belakang)
0 x 20 = 0
1 x 21 = 2
0 x 22 = 0
1 x 23 = 8
1 x 24 = +

Contoh Basis 10 ke 2
75 = (dibagi 2, jika lebih maka sisa diyulis 1)
1
1
0
1 = 101011
0

1


BAB III
A. Etika dan Ketentuan dalam Komputer
Penerapan etika dan moral pada TIK:
a. Tidak boleh membajak, menyalin/menggandakan tanpa seijin hak paten
b. Menggunakan software yang asli
c. Melakukan hak cipta
d. Tidak merubah hasil karya orang lain
e. Tidak menggunakan hasil karya orang lain dan kejahatan

Di Indonesia, undang-undang hak cipta mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2002. Seseorang atau lembaga yang mendaftarkan hasil karyanya kepada lembaga yang berwenang akan mendapatkan perlindungan hukum.
Dalam Undang-undang RI No 19 tahun 2002 tersebut dijelaskan bahwa:
a. Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan, memperbanyak ciptaannya, atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
b. Pencipta adalah seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas
inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi.
c. Ciptaan adalah hasil setiap karya pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni, atau sastra.
d. Pemegang hak cipta adalah pencipta sebagai pemilik hak cipta atau pihak yang
menerima hak tersebut dari pencipta, atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima hak tersebut.
e. Pengumuman adalah pembacaan, penyiaran, pameran, penjualan, pengedaran, atau penyebaran suatu ciptaan dengan menggunakan alat apapun, termasuk media Internet, atau melakukan dengan cara apapun sehingga suatu ciptaan dapat dibaca, didengar, atau dilihat orang lain.
f. Perbanyakan adalah penambahan jumlah sesuatu ciptaan, baik secara keseluruhan maupun bagian yang sangat substansial dengan menggunakan bahan-bahan yang sama ataupun tidak sama, termasuk mengalihwujudkan secara permanen atau temporer (sementara).
g. Program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, ataupun bentuk lain yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.

Istilah-Istilah Hak paten:
• Freeware
Istilah freeware tidak terdefinisi dengan jelas, tetapi biasanya digunakan untuk paket-paket yang mengizinkan pendistribusian kembali tanpa modifikasi (kode programnya tidak tersedia). Paket-paket ini bukan perangkat lunak bebas.
• Shareware
Shareware ialah perangkat lunak yang mengizinkan orang-orang untuk meredistribusikan salinannya, tetapi mereka yang terus menggunakannya diminta untuk membayar biaya lisensi. Dalam praktiknya, orang-orang sering tidak mempedulikan perjanjian distribusi dan tetap menggunakan perangkat lunak tersebut meski sebenarnya perjanjian tidak mengizinkannya.
• Beerware
Yaitu yang meminta pengguna untuk membeli bir untuk penulis perangkat lunak.
• Careware
Yaitu yang meminta user untuk manfaat amal dalam beberapa cara.
• Demoware
Yaitu komersial perangkat lunak dirilis secara gratis dalam versi yang dibatasi dalam satu atau lebih cara.
• Greenware
Yaitu yang meminta pengguna untuk mengambil tindakan untuk lingkungan.
• Otherware
Yaitu istilah kolektif untuk perangkat lunak yang tidak didistribusikan sebagai freeware, shareware atau software komersial.
• GNU General Public License (GNU/GPL)
GNU/GPL merupakan sebuah kumpulan ketentuan pendistribusian tertentu untuk mengcopyleftkan sebuah program (copyleft adalah awan kata dari copyright). Proyek GNU menggunakannya sebagai perjanjian distribusi untuk sebagian besar perangkat lunak GNU. Sebagai contoh adalah lisensi GPL yang umum digunakan pada perangkat lunak Open Source. GPL memberikan hak kepada orang lain untuk menggunakan sebuah ciptaan asalkan modifikasi atau produk derivasi dari ciptaan tersebut memiliki lisensi yang sama. Kebalikan dari hak cipta adalah public domain. Ciptaan dalam public domain dapat digunakan sekehendaknya oleh pihak lain.
• Sumber Terbuka (Opensource)
Konsep Perangkat Lunak Sumber Terbuka (Open Source Software) pada intinya adalah membuka kode sumber (source code) dari sebuah perangkat lunak. Dengan mengetahui logika yang ada di kode sumber, maka orang lain semestinya dapat membuat perangkat lunak yang sama fungsinya. Konsep open source sebenarnya hanya sebatas itu. Artinya, perangkat lunak open source tidak harus gratis. Kita bisa saja membuat perangkat lunak yang kita buka kode-sumber-nya, mempatenkan algoritmanya, mendaftarkan hak cipta, dan tetap menjual perangkat lunak tersebut secara komersial (alias tidak gratis). Definis open source yang asli seperti tertuang dalam OSD (Open Source Definition).



Sumber: Materi dari PDF dan tutor Guru TIK Bu Ekabriyanti dan Bu Andriani


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar